Rabu, 12 Januari 2011

SYEKH MUHAMMAD BIN ISMAIL AL-YAMANI


Syekh muhammad bin ismail al-Yamani adalah seorang ulama’ yang masih cukup muda namun beliau sudah banyak berkiprah dalam bidang dakwah dan pendidikan. Kesuksesan beliau dalam menempuh lika-liku kehidupan patut untuk diteladani.

Masa Kecil Syekh Muhammad

Waktu Syekh Ahmad Barizi belajar di Makkah, Syekh Muhammad kala itu kira-kira berumur 5 tahun. Pada masa kecilnya, beliau selalu dijaga betul oleh Syekh Ismail hampir tiada waktu tanpa belajar dan mengaji, ketika madrasah hukumiyah yang menjadi tempat awal beliau belajar, setiap kali madrasah tersebut menjelang libur beliau disuruh belajar serta berguru kepada Syekh Ahmad Barizi Muhammad Fathillah. Adapun kitab yang dikaji kepada Syekh Ahmad Barizi adalah AL-Qur’an, Jurmiyah, Dzurrotul Yatiemah, safinatun najah, Sullamut Taufiq, Kifayatul ’awaam, Bafadhol dan lain sebagainya.

Sejak kecil beliau memang sangat cerdas dan cekatan dalam menyerap serta menerima ilmu. Manakala Syekh Ismail sedang bepergian, beliau sering dibawa meskipun dalam acara kondangan dengan tujuan agar sewaktu kosong tidak diisi dengan permainan.

Syekh Muhammad pada masa kecilnya dididik sebagaimana Syekh Ismail dididik oleh ayahnya. Kalau beliau mengajar di madrasah Sholatiyah Syekh Muhammad selau dibawa dan disuruh menjadi mustami’, terkadang kepada beliau sendiri atau guru-guru besar lainnya seperti Syekh Muhammad iwadh mingkos az-zubaedi dan syekh Abdullah Al-lahji dengan harapan agar kelak beliau dapat berbaur dengan para ulama’ dan santri-santri senior. Syekh Muhammad sendiri adalah saudara ketiga dari sembilan bersaudara, yang pertama Sayyidah Maryam, kedua, sayyidah zainab, ketiga syekh Muhammad sendiri, keempat sayyidah sa’diyah, kelima sayyid Abdur Rahman, keenam Sayyid Abdulloh, ketujuh Sayyidah Maemunah, kedelapan Sayyidah Majiidah, terakhir sayyid Nizar. Sedangkan ibunda beliau bernama Sayyidah Fatimah Binti Sayid Ali dari Yaman. Kira-kira pertengahan tahun 1986,

KH. Muhammad Fathillah (ayahanda KH. Ahmad Barizi Fathillah menunaikan ibadah haji), pada suatu malam beliau bermimpi mendengar anak kecil membaca al-Qur’an dengan suara yang lantang dan syahdu lalu beliau mencari sumber suara itu. Ketika beliau sampai di sumber suara tersebut, beliau melihat anak kecil yang tak lain adalah Syekh Muhammad yang pada waktu itu umurnya masih 10 tahun.

Konon, mimpi tersebut menandakan bahwa Syekh Muhammad kelak akan menjadi orang besar dan masyhur. Setelah Kyai Ahmad Barizi boyong ke Madura, beliau dikirimi kitab oleh Syekh Muhammad, yang mana kitab tersebut berjudul ”an-Nafkhotul Anbariyah fie tibbi khoiril Bariyya” karya Sayyidah zaenab (kakak perempuan Syekh Muhammad). Tidak lama kemudian, KH. Ahmad Barizi megirim surat kepada Syekh Muhammad yang berisi kalimat motivasi ”Anda jangan mengirim surat kepada saya atau menghadiahkan kitab kepada saya, terkecuali anda bisa mengarang kitab seperti kakak perempuan anda”.

Selang beberapa tahun kemudian, kira-kira dua atau tiga tahun setelahnya syekh Muhammad mengirim surat yang berisi kitab karangannnya sebanyak 5 buah. Sebelum Syekh Ismail wafat, Syekh Muhammad diuji oleh beliau untuk mengajar kitab Taqrib dan Minhaj di kediaman beliau dan dihadiri oleh para santri senior sebagai mustami’. Diantara para mustami’ien itu diantaranya ialah al-’Allamah Hasan I’rooqie dan beberapa ulama’ yang lain dengan tujuan agar kelak beliau berani menghadapi ulama’-ulama’ besar

Kedekatan Syekh Muhammad dengan Syekh Ahmad Barizi

Setelah Syekh Ismail wafat, Syekh Muhammad merasa bingung karena ditinggalkan oleh ayahandanya dan beliau pada waktu itu belum siap untuk menggantikan posisi ayahnya. Pada suatu hari, beliau bertemu dengan KH. Muhammad Kurdi di masjidil haram. Beliau senang dengan pertemuan itu dan menitipkan pesan kepada KH. Muhammad Kurdi untuk disampaikan kepada Syekh Ahmad Barizi yang ketika itu sudah berdomisili di Madura. Syekh Muhammad berpesan, ”kalau anda nanti ke Madura, sampaikan salam kepada sayyidie Ahmad Barizi, saya memanggil beliau ke Mekkah untuk bertempat tinggal di sini, mengenai transportasi dan sebagainya sayalah yang akan menanggung. Nanti, saya akan menyerahkan semuanya kepada beliau dan supaya menjadi pengganti ayahanda. Tetapi, Syekh Ahmad Barizi tidak menjawab karena beliau tahu bahwa Syekh Muhammad masih dalam keadaan bingung dan belum siap menggantikan ayahnya. Syekh Ahmad Barizi bersikap seperti ini karena beliau berharap agar Syekh Muhammad mandiri dan tidak terpaku dan bersandar kepada orang lain.



BIOGRAFI SYEKH ISMAIL UTSMAN ZEIN AL-YAMANI (AYAHANDA MUHAMMMAD BIN ISMAIL AL-YAMANI) FIGUR ULAMA YANG KONSISTEN TERHADAP MANAJEMEN WAKTU


Syekh Ismail Usman Az-Zein termasuk salah satu ulama’ yang Alim sekaligus Allamah pada zamannya. Kemasyhuran dan kebesaran beliau di mata para ulama begitu tinggi dan terkenal sampai ke Mesir, Yaman, Malaysia, Brunei Darussalam dan Indonesia, sehingga tak ayal lagi kalau banyak santri dan murid beliau menjadi ulama’ besar, sebagai penerus perjuangannya yang tidak lain hanya untuk Izzil Islam wal muslimien.

Nama lengkap beliau adalah Ismail Bin Utsman Bin Ali Bin Salim dari jalur ayah, sedangkan dari jalur ibu, Ismail Bin Layla binti Umar Bin Ali Bin Salim. Jadi ayah dan ibu beliau masih ada ikatan keluarga sepupu. Adapun Az-zein adalah fam yang diambil dari nama kakek beliau yang ketiga belas yaitu syekh Zain Bin Ismail al-Hadhromi, Salah satu ulama’ Fiqh yang terkenal dalam madzhab Syafi’ie.

Banyak ulama’ Syiria, Mesir dan Yaman mengutip pendapat beliau di dalam karya-karya mereka. Hal inilah yang menunjukkan bahwa beliau adalah ulama’ yang alim sekaligus allamah. Begitu juga beliau adalah salah satu waliyullah dengan banyak memiliki karomah dan keistimewaan serta ahli ibadah. Dari keterangan tersebut dapatlah diketahui bahwa Syekh Ismail Usman Zein Al-Yamani adalah keturunan orang alim dan waliyullah. Dan menurut salah satu riwayat, beliau masih keturunan Saif Bin ziyadzan yang notabene adalah raja di Yaman sebelum Rasulullah SAW diutus sebagai nabi.

    KELAHIRAN BELIU

Beliau lahir pada bulan Rabiul Awwal Tahun 1352 H di kota Dhohi salah satu kota di Yaman dan di tempat inilah yaitu Syekh Ismail Al-Hadromi dan Sayid Ahmad bin Isa Al-Muhajir dikebumikan. Adalah merupakan salah satu kelebihan dari kota Dhohi ini adalah adanya cahaya yang selau bersinar, baik siang hari ataupun malam hari, sehingga apabila ada penguburan jenazah di malam hari biarpun tanpa sinar rembulan tidak membutuhkan penerang lagi karena adanya cahaya tersebut. Terlepas dari keajaiban itu semua kota ini dikenal sebagai kota yang sebagian besar penduduknya hafal Al-Qur’an di luar kepala.

Syekh Ismail disamping kaya dengan ilmu beliau juga kaya akan saudara karena beliau sendiri memiliki 13 saudara, namun semua meninggal dimasa ayah beliau masih hidup kecuali beliau sendiri dan adiknya yaitu Syekh Muhammad bin Usman. Ayah beliau sangat optimis sekali bahwa kelak Ismail kecil akan menjadi orang besar sekaligus ulama’ kenamaan. Oleh karena itu beliau selalu dijaga dan dibawa kemanapun ayahnya pergi, dengan tujuan supaya tidak menghabiskan waktu dengan bermain. Acapkali ayah beliau meminta do’a kepada orang yang alim dan sholeh semata-mata untuk mendapatkan barokah dari orang tersebut.

Dari itulah sosok Ismail kecil berbeda dengan teman sebayanya. Pada tahun 1366 H ayah beliau wafat, ketika itu Ismail kecil masih berumur 14 tahun, namun dalam usia yang masih belia ini, Ismail kecil telah menghafal sekaligus memahami beberapa ilmu dan kitab, diantaranya adalah Ilmu Fiqh dan Nahwu serta kitab Safinah, bafadhol, Matan Jurmiyah, Aqidatul Awwam dan Dzurrotul-yatimah. Setelah ayah Ismail kecil wafat, beliau meneruskan studinya di madrasah hukumiyah al-Itbtidaiyyah dan dalam kurun 4 tahun ini, Ismail kecil terkenal dengan kepintaran dan kecerdasannya sehingga dia selalu menjadi bintang pelajar di madrasah itu.

Dengan prestasi inilah guru-gurunya merasa bangga dan memuji kepintaran serta kecerdasannya. Setelah menamatkan pendidikannya di madrasah tersebut, Ismail kecil melanjutkan belajarnya kepada ulama-ulama yang ada di kota Dhohi’ tersebut secara menyeluruh, beliau belajar kitab yang lebih luas referensinya serta berguru kepada syekh yang lebih alim baik yang berasal dari kota tersebut maupun kepada ulama' pendatang.

Walaupun beliau sendiri termasuk santri yang yunior tetapi beliau tidak pernah minder. Beliau berani bergabung dengan yang lebih senior walaupun acapkali beliau dpandang sebelah mata, sehingga pada akhirnya beliau menjadi orang yang lebih pintar dan paling paham diantara mereka. Apabila salah satu dari mereka tidak mengerti atau kurang paham, beliau selalu menjadi rujukan di dalam mudzakkaroh ataupun diskusi-diskusi.

Saking cinta dan semangatnya di dalam belajar, beliau banyak menghafalkan kitab-kitab yang menjadi muqorror dalam halaqoh ilmiyah serta sangat antusias dalam memperhatikan penjelasan-penjelasan gurunya, sehingga pada akhirnya beliau banyak hafal kitab-kitab dasar di dalam bidang Fiqh, Nahwu, Shorrof, Tauhid, Faroid dan lain sebagainya. Dalam kurun waktu 5 tahun atau sekitar 19 tahun dari umur beliau, beliau sudah bisa memberikan fatwa dan menjadi rujukan ulama’-ulama’ Yaman pada waktu itu. Dan sejak saat itulah beliau tidak pernah melalaikan waktu sedikitpun. Beliau banyak memfokuskan diri dalam belajar dan memahami semua ilmu yang beliau pelajari.

Diantara kebiasaan beliau yang sangat mengagumkan adalah beliau termasuk orang yang sangat teliti dan telaten dalam mempelajari kitab-kitab yang beliau pelajari dari gurunya serta memahami semua isinya sampai ke akar-akarnya. Beliau juga tidak pernah lepas dari wudlu’. Kegiatan beliau dalam berwudlu’ hanya satu kali di dalam satu hari karena ketika beliau ingin sholat dzuhur, wudlu’ beliau tidak batal sampai waktu sholat subuh tiba. Beliau juga pandai membagi waktu. Semuanya beliau gunakan untuk belajar dan memuthola’ah. Tidak ada watu yang terbuang sia-sia kecuali waktu untuk makan dan tidur. Itu pun beliau tidur selama sehari semalam 60 menit sebelum waktu dzuhur.

PERNIKAHAN BELIAU

Beliau menikah dengan gadis yang sholehah, ahli berpuasa yang tidak lain adalah sepupu beliau sendiri. Walaupun demikian, hal tersebut tidak mengurangi kemauan beliau untuk terus belajar. Karena yang beliau rasakan, manisnya ilmu lebih manis dari pada manisnya berkeluarga. Dan ternyata pernikahan beliau ini tidak berlangsung lama, hanya berkisar 12 tahun karena Istrinya wafat. Setelah 3 tahun pasca kematian istrinya, beliau menikah dengan seorang gadis yang juga sholehah, hafidzah dan berdarah biru. Alhamdulillah, ternyata dari pernikahan ini beliau dikaruniai 9 putra (6 putri dan 3 putra). Diawal tahun 1380 H beliau hijrah ke Makkah al-Mukarromah dengan niat menetap di sana sampai akhir hayat beliau. Dan di Makkah inilah beliau terkenal sehingga banyak ulama’ yang belajar kepada beliau. Seiring dengan perkembangan zaman, ulama’ yang berguru kepada beliau bertambah banyak, karena disamping mengajar beliau juga produktif dalam mengarang kitab. Lalu pada tahun 1382 H, beliau mengajar di madrasah Sholatiyah selama kurang lebih 23 tahun. Syekh Ahmad Barizi mengatakan, kalau beliau merasa sakit tidak ada obat yang dapat menyembuhkan beliau kecuali mengajar dan mengarang kitab. Dan ini telah terbukti berkali-kali.

GURU-GURU BELIAU

Tidak mudah menjadi orang alim, sukses dan terkenal. Semuanya membutuhkan kegigihan, semangat yang tinggi dan ketekunan dalam belajar. Itulah yang dilakukan oleh beliau di dalam menuntut ilmu. Banyak sekali guru beliau yang tersambung sanadnya, diantaranya adalah Syekh Sayyid Umar Iwadh, syekh Sayyid abdul Qodir al-Husaimi, Syekh Hasan Bin Muhammad al-Masyyat, Syekh Sayyid abdurRahman Bin Muhammad al-Ahdal, syekh sayyid Husain Bin Muhammad Az-zawwaq, syekh sayyid Alawi al-Maliki, syekh Muhammad Amin Al-Quthbi dan Syekh Muhammad Yasin Bin Isa Al-Fadani.

MURID-MURID BELIAU

Semenjak beliau ke Makkah dan menjadi guru besar, santri beliau makin hari makin banyak terutama mereka yang berasal dari Malaysia, Yaman, Mesir, Arab Saudi dan Indonesia. Lebih-lebih yang berasal dari pulau Jawa diantaranya Syekh Ahmad Damanhuri Arman Banten, Syekh Abdul Hamid Bin Ahmad Pamekasan, Syekh Juwairi Sampang, Syekh Taifur Ali wafa’ Sumenep, Syekh abdus-Salam Bin Abdul Hamid Sidogiri, Syekh Ahmad romli Bin Abdul Mujib Gresik, Syekh Abdul Wahid Zuhdi Langitan, Syekh mahfudz ma’mun Jakarta, syekh Khon Tobroni Bangkalan, Syekh Ahmad Barizi Sampang. Syekh Ahmad Ghozali Sampang dan Syekh Ahmad Kurdi Sampang.

KARYA-KARYA BELIAU

Disamping mengajar beliau juga produktif dalam mengarang kitab, baik berupa nadzom ataupun natsar diantaranya al-Jawabul Wadhih an-Naatsir fil Ghozawaat, dhou’us Syama’ah fie Khusussiyyahtil jumu’ah, Irsyadul Mu’minin fie Fadhoilidz Dzikri, Fathul Malikil jalil ’aba’uuna haditsan qurrotul ’aini dan masih banyak lagi.

WAFATNYA BELIAU

Beliau wafat di makkah pada tahun 1414 H dengan membawa sejuta keberhasilan dalam membina para murid dan segudang karya monumental. Selamat jalan guru, selamat jalan ulama' pewaris nabi, sungguh jasamu tiada ternilai harganya.